Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi (Hofstetter 2001). Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia Game.
Multimedia juga dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda dalam menyampaikan informasi berbentuk text, audio, grafik, animasi, dan video.
Multimedia dibagi atas dua jenis :
–
Multimedia Linier
•
multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat
pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna. Multimedia ini
berjalan sekuensial (berurutan),
•
contohnya: TV dan film.
–
Multimedia Interaktif
•
multimedia yang dilengkapi dengan alat
pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat
memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya.
•
Contoh multimedia interaktif adalah: multimedia
pembelajaran interaktif, aplikasi game, dll.
Pemanfaatan Multimedia
Multimedia memiliki banyak manfaat dalam semua bidang
kehidupan manusia. Di bidang bisnis, multimedia dimanfaatkan sebagai iklan yang
kreatif untuk menarik konsumen. Selain itu dengan multimedia, informasi yang
disampaikan menjadi lengkap dan mudah dimengerti. Berikut ini pemanfaatan
multimedia di berbagai bidang :
Bidang Kesehatan dan Kedokteran
Dengan multimedia dokter dapat menganalisa penyakit pasien
dan memantau kondisi pasien lewat detak jantung, aliran darah, permukaan
paru-paru melalui tampilan monitor . Pengunaan sinar X untuk scanning tubuh
manusia dapat ditampilkan pada layar monitor. Selain itu, objek-objek
yang sangat kecil (berukuran nano) dapat dilihat melalui mikroskop yang
terhubung ke komputer. Hal lain yang dapat dilakukan dengan pemanfaatan
multimedia antara lain menyimpan riwayat penyakit pasien, penggajian karyawan
RS dan mengelola persediaan obat-obatan.
Multimedia sangat membantu dalam dunia pendidikan
dikarenakan beberapa hal berikut :
- Multimedia dapat menampilkan objek biologi yang sangat kecil untuk dapat dilihat dan dipelajari.
- Multimedia dapat menampilkan objek yang sangat besar dan jauh seperti planet, system tata surya, bentuk gunung, dataran tinggi dan lainnya.
- Multimedia dapat menampilan animasi dari objek yang bergerak.
- Multimedia dapat menambah daya tarik siswa untuk mengamati berbagai objek.
Oleh karena hal-hal tersebut, keuntungan dan manfaat
multimedia di bidang pendidikan cukup banyak antara lain :
- Multimedia dapat membantu siswa dalam mengingat dan mengerti pelajaran.
- Multimedia menyampaikan isi pelajaran dengan canggih dan berkesan.
- Multimedia dapat menampilkan dan memberikan pengetahuan secara teks maupun gambar animasi tentang objek-objek yang sulit kepada siswa.
- Multimedia mampu menunjukkan dunia sekitar yang kaya dengan ilmu pengetahuan
- Multimedia dapat membuat siswa menjadi tertarik, senang pada pelajaran sehingga proses belajar siswa tidak membosankan.
- Multimedia dapat membuat terjadinya interakti antara siswa dengan teknologi terkini.
- Multimedia memberi peluang kepada guru untuk mengubah kaidah pengajaran.
- Multimedia dapat membuat siswa menjadi lebih aktif, kooperatif, interaktif baik dengan guru maupun dengan siswa lain.
Bidang Bisnis
Multimedia mempunyai peranan penting dalam bidang bisnis
karena dapat digunakan sebagai alat promosi. Dengan promosi yang inovatif ,
kreatif dan interaktif , daya saing sebuah produk menjadi lebih
tinggi. Multimedia memiliki kelebihan untuk menarik indera dan
minat, karena merupakan gabungan antara pandangan, suara, dan gerakan. Pemasaran
sebuah produk akan lebih cepat dan efektif dengan penampilkan sebuah iklan yang
menarik dan mudah dimengerti. Selain itu, multimedia juga digunakan dalam
menampilkan grafik dan angka perkembangan saham, jangkauan pemasaran , data
rahasia perusahaann dan informasi mengenai klien bisnis.
Bidang Teknik
Di bidang teknik, multimedia dimanfaatkan dalam berbagai
aplikasi dan software simulasi yang berbasis teknik. Simulasi yang digunakan
dapat menampilkan objek-objek dua dimensi dan tiga dimensi yang dapat membantu
di bidang teknik industri, mesin dan sipil. Sementara di bidang elektro,
multimedia dapat menampilkan objek komponen beserta karakteristiknya serta
dapat menunjukkan hasil dari simulasi rangkaian berupa tampilan gelombang ,
angka dan persamaan matematis.
Bidang Ilmu Pengetahuan dan Penelitian
Dalam matematika dan penelitian ilmiah, multimedia
dipakai terutama untuk modelling dan simulasi. Sebuah objek (zat atau
makhluk hidup) yang baru ditemukan dapat disimulasikan dalam bentuk model untuk
diteliti dan dikembangkan. Objek-objek tersebut dapat diteliti dengan
mempelajari tekstur, ukuran, dimensi dan karakternya dalam bentuk multimedia
berupa gambar, animasi dan bahkan suara.
Bidang Seni dan Hiburan
Multimedia banyak digunakan dalam industri hiburan,
khususnya untuk memberikan efek khusus suara dan gambar dalam film
dan animasi. Multimedia juga dimanfaatkan pada aplikasi dan game. Pengguna
diberikan fasilitas untuk mengkontrol gerak animasi dalam game. Di kehidupan
sehari-hari multimedia dimanfaatkan dengan penggunaan DVD player dan
MP3/MP4 player yang dapat menyuguhkan hiburan film, musik dan karaoke.
Selaim itu berita-berita yang dimuat di televisi dan internet bukan hanya
berupa teks namun berisi gambar, video atau bahkan animasi dari sebuah simulasi
kejadian.
Bidang Tranportasi dan Komunikasi
Di bidang Tranportasi, multimedia digunakan untuk
menampilkan sistem navigasi sebuah pesawat atau kapal laut. Pada navigasi
kapal laut bisa ditentukan koordinat dan arah gerak kapal. Untuk
sistem navigasi pesawat dapat ditentukan ketinggian pesawat, kondisi cuaca dan
kecepatan angin pada monitor sistem navigasi. Sementara di darat, jalur
kereta serta pergerakan kereta dapat dimonitoring dalam suatu tampilan monitor
di ruang kendali pusat. Selain itu, dengan multimedia , kita dapat mengetahui
kondisi jalan dan posisi kita berada dalam suatu sistem yang disebut GPS (Global
Positioning System). GPS memungkinkan pengguna untuk melacak posisi
kendaraan, armada ataupun mobil dalam keadaan Real-Time. GPS Tracking
memanfaatkan kombinasi teknologi GSM dan GPS untuk menentukan koordinat sebuah
obyek, lalu menerjemahkannya dalam bentuk peta digital. Informasi
yang didapat dari GPS dapat dilihat dan disimpan dalam ponsel atau komputer.
Multimedia dimanfaatkan dalam bidang komunikasi untuk
mempermudah manusia bertukar informasi. berbagai macam objek dapat diolah dan
dikirim dengan kemudahan melalui ponsel dan komputer. Sebuah objek multimedia
dapat dikirim dengan cepat dan mudah melalui fasilitas MMS pada ponsel. Bahkan
sekarang ponsel-ponsel berbasis android sangat mudah dalam pengiriman
pesan multimedia.
•
Mengubah tempat kerja.
•
Mengubah cara belanja.
•
Mengubah cara bisnis.
•
Mengubah cara memperoleh informasi.
•
Mengubah cara belajar.
•
Internet Multimedia.
Download dan lihat selengkapnya di sini
0 komentar:
Post a Comment